PENGANTAR BISNIS

MIDTEM TEST 2011/2012

sob, ane mau bagi pengalaman nich, hanya soal waktu ane midtem test waktu ane  kuliah untuk mendapatkan Sarjana …

mana tau ni bisa bermanfaat buat kalian semua, apa lagi yang ada tugas sama persis soalnya, nah udah ane siapin juga dengan jawabannya, semoga ini benar ya hehehehe….. #asik bener nih dapat jawaban gratis…..!!!

tapi karna ane baik hati ane kasih ke kalian, supaya pintar, tapi di pelajarin jangan asalnyontek aja ya sob … ok….

bisnis

MATAPELAJARAN             : PENGANTAR BISNIS

  1. Sebutkan Faktor-Faktor yang mempengaruhi Lingkungan Alamiah Terhadap perkembangan Bisnis Dalam Msyarakat?
  2. Sebutkan pula beberapa manfaat penerapan Manajemen Orentasi Kemanusiaan?
  3. Jelaskan cara Mendirikan Persekutuan dengan Firma (Fe)?

JAWAB

  1. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Lingkungan Alamiah Terhadap perkembangan Bisnis Dalam Msyarakat yaitu :
    1. Alam adalah factor lingkungan alam juga sangat berpengaruh terhadap kesempatan bisnis beserta perkembangannya. Seperti ikan , rumput laut, mutiara dan sebagainya.
    2. Factor Ekonomi adalah factor Ekonomi akan mempengaruhi potensi dunia usaha. Kondisi ekonomi yang tumbuh (growth) atau sering juga di sebut boom atau prospertity akan mengakibatkan naiknya penghasilan masyarakat yang akhirnya mengingatkan kebutuhan masyarakat dalam segala bidang baik kuantitatif maupun kualitatif.
    3. Faktor Teknologi adalah Teknologi merupakan ilmu yang mengucapkan agar selalu tercipta metode-metode kerja yang lebih baik dalam melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan. Seperti timbul bisnis jual beli seperti computer, mesin pompah air dan sebagainya.
    4. Factor social adalah masyarakat tumbuh dan berkembang, misalnya adanya perkembangan pendidikan membuat masyarakat menjadi lebih pintar dan ingin lebih pintar lagi sehingga semua orang mendambakan menjadi pemuda yang propesional atau yang sering dikenal  sebagai “YUPPIES” singkatan dari Young Urban dan Proffesinalisme. Misalnya tempat penitipan anak TPA.
    5.  Factor Budaya perkembangan yang cukup bagus dan menarik di tanah air pada saat ini adalah kesadaran untuk melestarikan budaya tradisional warisan nenek moyang bangsa. Misalnya hari raya agama membeli pakaian has untuk hari raya agama masing2, hasil pernak pernik daerah tersbut bias dijadikan bisnis.
    6. Factor pemerintahan adalah Kebijakan pemerintah akan sangat mempengaruhi kesempatan bisnis maupun kondisi Bisnis Pada Umumnya. Misalnya ekspor nonmigas kita telah berkembang pesat, bisnis industri.
    7. Hubungan /pergaulan Internasional adalah hubungan antarabangsa,politik suatu Negara akan segala pula mempengaruhi kebijakan Negara, menimbulkan gejala “GLOBALISASI”.

     

  2. Manfaat penerapan Manajemen Orentasi Kemanusiaan menimbulkan hubungan yang serasi selaras dan seimbang dia antara para petugas atau karyawan dalam perusahaan tersebut maupun antara perusahaan maupun pihak lain di luar perusahaan yaitu :
    1. Moral kerja karyawan akan meningkatkan  dan kemudian dan akan mendorong semangat kerja sehingga produktivitas kerja pun akan meningkat pula.
    2. Partisipasi bawahan akan muncul dan menimbulkan rasa hardarbeni/ memiliki dari para bawahan sehingga akan tercipta manajemen partisipatif.
    3. Hubungan kerja yang baik dan meyenangkan akan membawa kenyamanan kerja sehingga absensi karyawan akan berkurang.
    4. Rasa percaya diri dari para karyawan juga akan terbentuk dan hal ini akan mempertinggi mutu.kualitas produksinya.
    5. Kepercayaan masyarakat dan kansumen akan meningkat dan hal ini akan merupakan modal dasar bagi perkembangan selanjutnya dari perusahaan yang bersangkutan.

     

    1. Cara Mendirikan Persekutuan dengan Firma (Fe)

    musyawarah

    Berdasarkan Pasal 16 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang, Persekutuan Firma adalah persekutuan yang diadakan untuk menjalankan suatu perusahaan dengan memakai nama bersama. Menurut pendapat lain, Persekutuan Firma adalah setiap perusahaan yang didirikan untuk menjalankan suatu perusahaan di bawah nama bersama atau Firma sebagai nama yang dipakai untuk berdagang bersama-sama. Persekutuan Firma merupakan bagian dari persekutuan perdata, maka dasar hukum persekutuan firma terdapat pada Pasal 16 sampai dengan Pasal 35 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) dan pasal-pasal lainnya dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata) yang terkait. Dalam Pasal 22 KUHD disebutkan bahwa persekutuan firma harus didirikan dengan akta otentik tanpa adanya kemungkinan untuk disangkalkan kepada pihak ketiga bila akta itu tidak ada. Pasal 23 KUHD dan Pasal 28 KUHD menyebutkan setelah akta pendirian dibuat, maka harus didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri dimana firma tersebut berkedudukan dan kemudian akta pendirian tersebut harus diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia.

    Selama akta pendirian belum didaftarkan dan diumumkan, maka pihak ketiga menganggap firma sebagai persekutuan umum yang menjalankan segala macam usaha, didirikan untuk jangka waktu yang tidak terbatas serta semua sekutu berwenang menandatangani berbagai surat untuk firma ini sebagaimana dimaksud di dalam Pasal 29 KUHD. Isi ikhtisar resmi akta pendirian firma dapat dilihat di Pasal 26 KUHD yang harus memuat sebagai berikut:

    1. Nama, nama kecil, pekerjaan dan tempat tinggal para sekutu firma.
    1. Pernyataan firmanya dengan menunjukan apakah persekutuan itu umum ataukah terbatas pada suatu cabang khusus perusahaan tertentu dan dalam hal terakhir dengan menunjukan cabang khusus itu.
    2. Penunjukan para sekutu yang tidak diperkenankan bertanda tangan atas nama firma.
    3. Saat mulai berlakunya persekutuan dan saat berakhirnya.
    4. Dan selanjutnya, pada umumnya bagian-bagian dari perjanjiannya yang harus dipakai untuk menentukan hak-hak pihak ketiga terhadap para sekutu.

    Pada umumnya Persekutuan Firma disebut juga sebagai perusahaan yang tidak berbadan hukum karena firma telah memenuhi syarat/unsur materiil namun syarat/unsur formalnya berupa pengesahan atau pengakuan dari Negara berupa peraturan perundang-undangan belum ada. Hal inilah yang menyebabkan Persekutuan Firma bukan merupakan persekutuan yang berbadan hukum.

 

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

panetir bungkes

General Info

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.