Maulid Akbar Keluarga Besar Fakultas Ekonomi UNSYIAH

Maulid Akbar Keluarga Besar Fakultas Ekonomi UNSYIAH

cover

pada tanggal 24 Januari 2013 masih belum lamakan hehehe, hari lahirnya nabi muhammad 12 Rabi”ul Awwal tahun gajah, jadi baru sempat sekarang ni postingnya. saya masih teringat dimasa saya menjabat sebagai Sekretaris Umum (Sekum) di BEM FE UNSYIAH Priode 2010/2011. saya dengan ketua yaitu Rachamat Anshar beserta Presidium Bem dan panitia pelaksana kegiatan ini (Maulinar Intan) sebagai Ketua Panitia dan (Fajar Rifadi) Sekretaris Panitia kegiatan Maulid Akbar Keluarga Besar Fakultas Ekonomi UNSYIAH. Maka sedikit saya rangkumkan tentang kegiatan Maulid Akbar Keluarga Besar Fakultas Ekonomi UNSYIAH.

Bulan Rabiul Awwal adalah bulan yang sangat bersejarah didalam kehidupan manusia, karna pada bulan tersebut atau tepatnya pada tanggal 12 Rabi”ul Awwal tahun gajah, telah dilahirkan seorang umat manusia, beliau itu adalah junjungan kita Nabi Muhammad SAW . melalui beliau Allah SWT menunjukkan manusia menuju alam yang penuh dengan cahaya keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Pada masa sebelum Nabi Muhammad SAW lahir begitu semeraut tatanan kehidupan diberbagai penjuru bumi. Dengan datang Islam yang di turunkan oleh Allah melalui malaikat Jibril A.S kepada Nabi Muhammad SAW maka berubahlah sedikit demi sedikit tatanan kehidupan di masa jahiliyyah.

Maka dari itu kita sebagai umat Islam, umatnya Rasulullah SAW harus mutlak mengikuti semua ajaran yang di bawa oleh Rasulullah SAW, agar kita semua selamat dan dimasukan kelak kesurganya Allah SWT bersama Rasulullah SAW. Oleh karena itu sudah seharusnya dalam kesempatan memperingati maulid Nabi Muhammad SAW ini kita resapkan makna nilai dan hikmahnya yang terkandung didalamnya. Untuk selanjutnya kita jadikan bekal yang menjiwai amal perbuatan kita dalam mempegarungi hidup ini.

Bertepatan pada momentum bulan maulid ini, kami dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala berkoordinasi dengan seluruh KBM FE Unsyiah , berencana melaksanakan kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tema “Menelusuri Jejak Suri Tauladan pada diri Rasul Menuju Pribadi Muslim   yang Ideal” yang bertujuan Untuk menanamkan pentingnya makna maulid Nabi Muhammad SAW dalam diri pribadi muslim yang identik dengan sunahnya Nabi Muhammad SAW yang harus kita laksanakan dalam kehidupan sehari –hari.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini
1.Untuk syiar agama Allah SWT
2. Untuk menanamkan, memupukkan dan menambah rasa mahabah ( kecintaan ) kita kepada
Nabi Muhammad SAW.
3. Mengungkap kembali sejarah kehidupan Rasullullah SAW
4. Menghidupkan kembali sunah -sunahnya Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari –hari
5. Meningkatkan rasa Ukhuwwah Islamiyyah antara sesama Muslim

6.Membangun kekerabatan diantara dosen, alumni, dan mahasiswa fakultas ekonomi Unsyiah

Ada berbgai macam bentuk kegiatan yang akan diselenggarakan, yaitu :

  1. Shalawat Nabi

Mengisi dengan bacaan-bacaan shalawat kepada Rasulullah SAW sesuai dengan firman Allah SWT :

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. QS. Al-Ahzab:56.

Kegiatan  bershalawat kepada nabi dilakukan sejara berjamaah tujuannya untuk menghidupkan nuansa bershalawat sebagai perwujudan kecintaan ummat kepada Nabi yang telah berjuang demi ummatnya.seta berupaya untuk memperoleh syafaat dari Shalawat tersebut.

2.   Makan bersama anak yattim dan pemberian santunan

Sebagai bentuk kepedulian kepada anak yatim serta menumbuhkan rasa kecintaan kita kepada sesama, dengan memberikan santunan serta berbagi bersama dengan orang-orang yang membutuhkan.

3.    Ceramah Maulid

Ceramah berkenaan tentang Sirrah nabi baik perjuangan maupun Suri Tauladan yang terdapat dalam dri Rasul yang akan disampaikan oleh Tgk.Mulyadi.

  1. Seminar Muslimah

Seminar sehari yang berkaitan dengan Istri-istri Nabi Muhammad SAW tentang keistimewaan yang terdapat dalam diri mereka baik tentang kepribadian dan kegigihan dalam mendukung perjuangan Nabi.

Tema kegiatan seminar “Menjadikan para istri Rasulullah SAW sebagai teladan muslimah” Pemateri pada kegiatan tersebut yaitu Ina Fauziana Syah, SE.

5.   Lomba menghias Bukulah

Lomba menghias bukulah merupakan kegiatan hiburan dengan sistematika  penilaian terhadap bukulah yang terbaik baik dari segi hiasan maupun bungkusan,  tujuan kegiatan ini untuk menghidupkan kembali suasana budaya Aceh di kalangan mahasiswa terkait mengenai tradisi bu kulah, hal ini juga  merupakan  upaya dalam menumbuhkan semangat kebersamaan antar sesama mahasiswa.

Semua kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16-19 maret 2011 bertempat di Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala dengan rincian waktu pelaksanaan kegiatan sebagai  berikut.

  1.    Shalawat Nabi: 19 maret 2010, Aula Fakultas Ekonomi Unsyiah
  2.    Makan bersama anak yatim: 19 Maret 2010, Aula Fakultas Ekonomi Unsyiah.
  3.    Ceramah Maulid: 19 Maret 2010, Aula Fakultas Ekonomi Unsyiah
  4.    Seminar Muslimah : 16Maret 2010, Balai Sidang Fakultas ekonomi Unsyiah
  5.    Lomba menghias Bu kulah : 17 Maret 2010, TC Fakultas ekonomi Unsyiah.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh KBM FE UNSYIAH dibawah koordinasi Badan Eksekutif Mahasiswa FE Unsyiah Bidang Kerohanian dan Keputrian bekerjasama dengan Ikatan alumni fakultas ekonomi Unsyiah (IKAFENSY).

Sekretariat Panitia Maulid Nabi: Kantor Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsyiah

Jalan Syech Abdul Rauf No. 1 Kampus Fakultas Ekonomi UNSYIAH Darusalam, Banda Aceh 23111

Cp : 085260747575(Rachmat Anshar) Ketua Umum Bem Fe Unsyiah

081360366333(Panetir Bungkes) Sekretaris Umum Bem Fe Unsyiah

085260055010(Maulinar Intan) Ketua Panitia

085288677321(Fajar Rifadi) Sekretaris Panitia

No Rek: An.Bem Fakultas Ekonomi Unsyiah

( 014 01.99.600004- 8 )

Bank BPD Aceh Kantor Capem Darussalam

Terimakasih kami ucapkan kepada

semua yang mengsukseskan acara ini.

semoga kita bisa mengingat nabi Muhammad dan buat kalian harus mencontohi sifat-sifat nabi Muhammad. mari kiata laksanakan perintah Allah dan Rasulullah dengan berpedoman pada AL-Quran dan Al-Hadis

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

panetir bungkes

General Info

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.