GAYA PENGAMBILAN KEPUTUSAN

masih tugas kawan ane ni sob yang tadi di pasang foto narsisnyaaaa hehehe….

nah kali ini bahas Gaya Hidup khalil Gibran ehhh, salah lagi ni, maksud ane Gaya Pengambil Keputusan yang kita bahas..

maklum efek dari foto yang di tampilkan sebelumnya ni hehehehe…..

leadership            rapat

ni sih masih belum lengkap sob gaya pengambilan keputusan, hanya sebahagian yang di buat di tugas kuliahnya….

kita bahas hanya sebahagian kecil ni bro..🙂🙂🙂

sebenarnya masih bayak sih yang lainnya, mungpung teman ane sedikit pemalas, cuman 4 gaya hidupnya yang di jelasin, salah lagi dechh, maksudnya 4 Gaya Pengambil Keputusan, ni baru betul. :)     ^_^

 

Nama    : Khalil Gibran

Nim       : 0701103010071

MK         : Pengantar Manajemen

GAYA PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Salah satu sudut pandang gaya pengambilan keputusan mengemukakan bahwa orang berbeda menurut dua dimensi cara mereka mendekati pengambilan keputusan. Yang pertama adalah cara berpikir seseorang. Sebagian di antara kita cenderung lebih bersifat rasional dan logis dalam cara kita memikirkan atau memproses informasi. Jenis rasional memandang informasi secara teratur dan memastikan bahwa informasi itu logis dan konsisten sebelum mengambil keputusan. Sebagian lagi di antara kita cenderung lebih bersifat kreatif dan intuitif. Jenis intuitif tidak harus memproses informasi menurut urutan tertentumelainkan merasa puas memandangnya sebagai keseluruhan.

Dimensi lain menggambarkan toleransi seseorang terhadap ambiguitas. Sekali lagi, sebagian di antara kita mempunyai toleransi ambiguitas yang rendah. Jenis itu mempunyai konsistensi dan keteraturan atas cara merekamenyusun informasi sehingga ambiguitas itu minimal. Di lain pihak, sebagian di antara kita dapat menanggung tingkatan ambiguitas yang tinggi dn mampu memproses banyak pemikiran sekaligus. Apabila kita membuat diagram dua dimensi itu, terbentuklah empat gaya pengambilan keputusan, yaitu:

  1. Gaya mengarahkan. Orang yang menggunakan gaya ini memiliki toleransi rendah terhadap ambiguitas dan bersikap rasional dalam cara berpikirnya. Mereka itu efisien dan logis. Jenis mengarahkan membuat keputusan secara cepat dan memusatkan perhatian pada jangka pendek. Kecepatan dan efisiensi mereka dalam membuat keputusan sering mengakibatkan mereka mengambil keputusan dengan informasi minimum dan dengan menilai sedikit alternative saja.
  2. Gaya analitis. Pembuat keputusan gaya ini mempunyai jauh lebih banyak toleransi terhadap ambiguitas daripada jenis mengarahkan. Mereka menginginkan lebih banyak informasi sebelum mengambil keputusan dan merenungkan lebih banyak alternative daripada pengambil keputusan yang bergaya mengarahkan. Para pengambil keputusan analitis paling baik di cirikan sebagai pengambil keputusan yang hati – hati dengan kemampuan untuk beradaptasi atau menghadapi situasi – situasi yang unik.
  3. Gaya konseptual. Individu – individu dengan gaya konseptual cenderung amat luas pandangan mereka dan akan melihat banyak alternative. Mereka memusatkan perhatian jangka panjang dan sangat baik dalam menemukan pemecahan kreatif atas sejumlah masalah.
  4. Gaya perilaku. Para pengambil keputusan gaya ini sangat baik dalam bekerjasama dengan orang lain. Mereka menaruh perhatian pada prestasi anak buah dan sangat suka menerima saran dari orang lain. Seringkali mereka menggunakan rapat untuk berkomunikasi meskipun mereka berusahamenghindari konflik. Penerimaaan oleh orang lain itu penting bagi para pengambil keputusan yang bergaya perilaku.

Meskipun ke empat gaya pengambilan keputusanini khas, kebanyakan manager mempunyai lebih dari satu gaya. Barangkali lebih realitisjika kita memikirkan gaya yang dominan pada diri manager tertentu   dan gaya alternatifnya.

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

panetir bungkes

General Info

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.