KOMUNIKASI

PENGERTIAN KOMUNIKASI
Komunikasi adalah penyampaian dan pemahaman makna.

FUNGSI KOMUNIKASI
Komunikasi menjalankan empat fungsi utama di dalam kelompok atau organisasi,yaitu:
Fungsi Pengendalian.
Komunikasi berfungsi mengendalikan perilaku anggota dengan beberapa cara.
Setiap organisasi mempunyai hirarki wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan. Begitu pula dengan komunikasi informal yang mampu mengendalikan perilaku.
Fungsi Motivasi.
Komunikasi memperkuat motivasi dengan menjalankan ke para karyawan apa yang harus dilakukan,seberapa baik mereka bekerja,dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja yang dibawah standar.
Fungsi Pengungkapan Emosi.
Komunikasi yang terjadi didalam kelompok itu merupakan mekanisme fundamental di mana para anggota menunjukkan kekecewaan dan kepuasan. Oleh karena itu,komunikasi memfasilitasi pelepasan ungkapan emosi perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial.
Fungsi Informasi.
Komunikasi memberiakn informasi yang diberikan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan melalui penyampaian data guna mengenali dan mengevaluasi pilihan-pilihan alternatif.

PROSES KOMUNIKASI
Proses komunikasi adalah langkah-langkah antara sumber dan penerima yang menghasilkan penyampaian dan pemahaman m,akna.

Peraga 10-1 Model Proses Komunikasi

Pesan Pesan Pesan Pesan

Umpan Balik

Peraga 10-1menunjukkan proses komunikasi. Model ini terdiri dari:(1)sumber komunikasi,(2)pengkodean,(3)pesan,(4)saluran,(5)decoding,(6)penerima,dan(7)umpan balik.
Sumber mengawali pesan dengan mengkodekan pikiran. Pesan adalah produk fisik actual dari sumber yang melakukan pengkodean . Saluran adalah medium empat pesan dihantarkan. Saluran diseleksi oleh sumber,yang menentukan apakah menggunakan saluran formal dan informal. Penerima adalah objek yang menjadi tujuna penyampaian. Sebelum peasn dapat diterima,symbol-simbol didalamnya harus diterjemahkan ke dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh penerima. Langkah ini adalah pengkodean(decoding) pesan. Kaitan terakhir dengan proses komunikasi adalah lingkaran umpan balik. Umpan balik merupakan pengecekan mengenai seberapa sukses kita menyampaikan pesan seperti dimaksudkan semula.

ARAH KOMUNIKASI
Komunikasi dapat mengalir secara vertical atau horizontal.

VERTIKAL
Dimensi vertikal dapat dibagi lebih lanjut menjadi ke arah bawah dan ke atas.

Ke Bawah
Komunikasi ke bawah adalah komunikasi yang mengalir dari satu tingkat dalam kelompok atau organisasi ke tingkat yang lebih bawah. Komunikasi ini meliputi para manajer yang berkomunikasi dengan bawahannya.

Ke Atas
Komunikasi ke atas mengalir ke tingkat yang lebih tinggi dalam kelompok atau organisasi. Komunikasi ini juga digunakan untuk memberikan umpan balik ke atasan,menginformasikan merek mengnai kemajuan sasaran,dan menyampaikan masalah-masalah yang dihadapi.

HORIZONTAL
Ketika komunikasi terjadi di antara kelompok kerja yang sama,di antara anggota kelompok kerja pada tingkat yang sama,di antara manajer pada tingkat yang saam,atau di antara setiap personel yang secara horizontal ekuivalen,kita namakan itu sebagai komunikasi horizontal.

KOMUNIKASI ANTAR-PRIBADI

KOMUNIKASI LISAN

Sarana utama untuk menyampaikan pesan adalah komunikasi lisan. Keuntungan dari komunikasi lisan adalah kecepatan dan umpan balik yang dihasilkannya. Pesan verbal dapat disampaikan dan tanggapan diterima dalam waktu singkat.
Kerugian terbesar dari komunikasi lisan yang muncul dalam organisasi adalah ketika pesan-pesan harus melewati sejumlah orang. Semakin banyak orang yang dilewati oleh pesan itu,semakin besar kemungkinan terjadinya distorsi. Dalam organisasi,di mana keputusan dan komunikasi lainnya disampaikan secara verbal ke atasan dan bawahan dalam hirarki,ada peluang besar pesan itu mengalami distorsi.

KOMUNIKASI TERTULIS
Komunikasi tertulis meliputi memo,surat,email,pengiriman faksimili,laporan berkala organisasi,pengumuman di papan buletin,atau alat lain yang dikirimkan via kata-kata atau simbol tertulis.
Beberapa manfaat dari komunikasi tertulis:
 Komunikasi tertulis berwujud dan dapat di buktikan.
 Umumnya,baik pengirim maupun penerima memiliki catatan komunikasi.
 Pesan dapat disimpan dalam waktu yang tidak terbatas.
 Jika da pertanyaan menangkut isi pesan,maka secara fisik tercatat untuk referensi selanjutnya.
 Fitur ini sangat penting bagi komunikasi yang koimpleks dan panjang.
 Komunikasi tertulis itu lebih mungkin untuk dipikirkan dengan baik,logis,dan jelas.
Beberapa kekurangan dari komunikasi tertulis
 Pesan tertulis memakan waktu.
 Komunikasi tertulis tidak membangn mekanisme umpan balik dalam dirinya.

KOMUNIKASI NONVERBAL
Komunikasi nonverbal mancakup gerakan tubuh,intonasi atau tekanan yang kita berikan pada kata-kata,ekspresi wajah,dan jarak fisik antara si pengirim dan penerima.
Dua pesan yang paling penting yang disampaikan bahasa tubuh adalah: (1)sejsuh mana individu menyukai orang lain dan berminat terhadap pandangan pemikirannya,dan (2)status yang relatif diterima antara pengirim dan penerima.
Ekspersi wajah juga mengandung arti. Ekspersi wajah,barsama dengan intonasi,dapat menunjukkan arogansi,agresivitas,rsa takut,malu,dan karakteristik lain yang tidak pernah dikomunikasikan bila membaca transkip yang sudah disampaikan.
Cara inividu mengambil jarak dalam arti jarak fisik juga memiliki arti. Apa yang dianggap sebagai penetapan jarak yang tepat umumnya tergantung pada norma budaya.

KOMUNIKASI ORGANISASI

JARINGAN KELOMPOK-KECIL FORMAL
Jaringan kelompok-kecil formal terdiri dari tiga jaringan yaitu:
 Rantai .
Rantai secara tegas mengikuti rantai komando yang formal.
 Roda .
Roda mengandalakan tokoh sentral yang bertindak sebagai saluran pusat untuk semua komunikasi kelompok
 Semua saluran.
Jaringan semua saluran memungkinkan semua anggota kelompok untuk sacara aktif salingb berkomunikasi.

SELENTINGAN
Selentingan adalah jaringan komunikasi informal pada organisasi.
Selentingan memiliki tiga karakteristik utama,yaitu:
 Selentingan tidak dikendalikan oleh manajer.
 Selentingan dipersepsikan oleh kebanyakan karyawan sebagai yang paling dapat dipercaya dan diandalkan daripada komunikasi formal yang diumumkan oleh manajemen puncak.
 Sebagian besar selentingan digunakan untuk melayani kepentingan sendiri dari orang-orang di dalamnya.

KOMUNIKASI DENGAN BANTUAN KOMPUTER.
Komunikasi ini mancakup:
1. E-mail
Surat elektronik (atau e-mail) menggunakan internet untuk mngirim dan menerima teks serta dokumen yang dihasilkan dokumen.
Sebagai alat komunikasi,email memiliki daftar manfaat yang panjang. Pean email dapat cepat ditukis,diedit,dan disimpan. Pesan-pesan itu dapat didistribusikan ke satu atau ribuan orang dengan satu klik mouse. Semua dapat dibaca kapan saja si penerima mau. Dan biaya pengiuriman pesan email formal ke karyawan lebih murah dari biaya cetak,menggandakan,dan mendistribusikan surat atau brosur.
Email,tentu saja,bukan tanpa kelemahan. Kelemahan terbesar email adalah berlebihnya informasi yang didapatkan. Bukn hal luar biasa bagi karyawan mendapatkan ratusan email sehari. Membaca,menyerap,dan menanggapi arus masuk semacam itu dapat benar-benar menghabiskan waktu sehari. Pada hakikatnya,kemudahan penggunaan email telah menjadi sisi negatifnya yang terbesar. Para karyawan semakin sulit membedakan email yang penting dengan email sampah. Kelemahan email lain adalah kurangnya muatan emosional. Selain itu,email cenderung dingin dan impersonal.

2. Hubungan Intranet dan Ekstranet.
Intranet adalah jaringan informasi privat di seluruh organisasi yang berfungsi seperti situs Web tetapi hanya bisa diakses oleh orang dalam. Selain itu,organisasi-organisasi menciptakan hubungan Ekstranet yang menghubungkan karyawan internal dengan pemask-pemasok,pelanggan,dan mitra strategis tertntu.

3. Konferensi Video.
Konferensi video adalah peruasan sistem intranet dan ekstranet. Konferensi video memungkinkan karyawan dalamorganisasi untuk melakukan pertemuan dengan orang-orang dari lokasi yang berbeda. Akibatnya teknologi konferensi video memungkinkan karyawan untuk melakukan pertemuan interaktif tanpa perlu semua secara fisik berada pada tempt yang sama. Konferensi video pada dasarnya dilakukan dari ruang khususb yang dilengkapi dengan kamera televisi,berlokasi di fasilitas perusahaan.

4. Rangkuman.
Komunikasi dengan bantuan komputer membentuk kembali cara kita berkomunikasi dalam organisasi. Pager,telepon selular,dan komunikasi personal memungkinkan karyawan dapat dijangkau ketika mereka berada dalam pertemuan ,saat istirahat siang,saat mengunjungi pelanggan di lain kota,atau saat bermain golf di Sabtu pagi.

PILIHAN SALURAN KOMUNIKASI
Model kekayaan [richness] media telah dikembangkan untuk menjelaskan pemilihan saluran di kalangan para manajer.
Riset menemukan saluran-saluran itu memiliki kapasitas yang berbeda untuk menyampaikan informasi. Ada beberapa yang kaya dalam kemampuan untuk (1)menangani berbagai isyarat secara serentak,(2)memudahkan umpan-balik yang cepat,(3)sangat pribadi. Yang lain miskin,dalam arti skornya rendah pada ketiga faktor itu.pada peraga 10-7,bicara tatap muka berskor paling tinggi dari segi kekayaan saluran karena memberikan jumlah informasi yang maksimal untuk disampaikan selama episode komunikasi itu. Artinya,bicara tatap muka mengemukakan isyarat informasi dalam jumlah banyak(kata,sikap,tubuh,air muka,gerak tubuh,intonasi),umpan balik segera (baik verbal maupun nonverbal),dan sentuhan pribadi karena “kehadirannya”. Media tertulis tidak bersifat pribadi seperti bulletin dan laporan umum peling rendah timgkat kekayaannya.

Peraga 10-7 Kekayaan Informasi Sejumlah Saluran Komunikasi.

HAMBATAN KOMUNIKASI EFEKTIF

PENYARINGAN
Penyaringan mengacu ke pengirim yang memanipulasi informasi sedemikian rupa sehingga akan tampak lebih menguntungkan di mata si penerima. Penentu utama dari penyaringan adalah jumlah level dalam struktur organisasi. Semakin vertical level dalam organisasi,semakin banyak terjadi peluang penyaringan.

PERSEPSI SELEKTIF
Konsep persepsi selektif muncul karena penerima dalam proses komunikasi secara selektif melihat dan mendengar berdasarkan kebutuhan,motivasi,pengalaman,latara belakang,dan karakteristik personal lainnya.

INFORMASI BERLEBIH
Apabila informasi yang harus kita gunakan dalam bekerja melebihi kemampuan pengolahan data kita,terjadilah informasi berlebih. Apabila terjadi kelebihan informasi,maka individu-individu cenderung menyeleksi,mengabaikan,melewati,atau melupakan informasi. Atau mereka menghentikan pengolahan sampai situasi informasi berlebih itu lewat.

EMOSI
Pesan yang diterima ketika marah atau kesal sering diinterprestasikan secara berbeda dibandingkan ketika seseorang itu senang. Emosi yang ekstrim seperti sorak kegiraan atau depresi paling mungkin menghambat komunikasi yang efektif.

BAHASA
Kata-kata bias memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda pula. Usia,pendidikan,dan latar belakang budaya merupakan tiga dari variable-variabel yang begitu mempengaruhi bahasa yang digunakan seseorang dan definisi yang dia berikan ke kata-kata itu.

KEGELISAHAAN KOMUNIKASI
Meskipun banyak orang takut berbicara di depan kelompok,kegelisahan komunikasi merupakan masalah yang lebih serius karena mempengaruhi seluruh kategori teknik komunikasi. Orang yang menderita kegelisahan komunikasi mengalami ketegangan dan kecemasan yang tidak pada tempatnya dalam komunikasi lisan,tulisan,atau keduanya.

ISU-ISU TERBARU DALAM KOMUNIKASI

PENGHALANG KOMUNIKASI ANTARA PRIA DAN WANITA.
Esensi dari riset Tannen adalah bahwa pria menggunakan pembicaraan untuk menekankan status sedangkan wanita menggunakannya untuk menciptakan koneksi. Tannen menyatakan bahwa komunikasi merupakan tindakan penyeimbangan yang berkesinambungan,yang menyulap kebutuhan yang berbenturan menjadi keakraban dan indepedensi.wanita berbicara dan mendengr bahasa untuk menciptakan hubungan dan keakraban sementara pria berbicara dan mendengar bahasa untuk menekankan status kekuasaan dan indepedensi.

DIAM SEBAGAI KOMUNIKASI.
Diam-yang didefinisikan sebagai tidak adanya pembicaraanatau suara – umumnya iabaikan sebagai bentuk komunikasi dalam OB karena menggambarkan tiadanya tindakan atau tiadanya perilaku. Diam dapat berarti seseorang sedang berpikir atau merenungkan jawaban terhadap pertanyaan. Dapat berarti juga seseorang itu sedang cemas dan takut berbicara . ia mengisyaratkan keepakatan,menolak,kecewa,atau marah.

KOMUNIKASI YANG “BENAR SECARA POLITIS”.
Kebanyakan dari kita sangat menyadari bahwa perbendaharaan kata kita telah benar-benar dimodifikasi sehingga mampu maencerminkan ketetapan politis. Kita harus peka terhadap perasaan orang lain. Kata-kata tertentu dapat dan memang membuat stereotype,mengancam,dan menghina individu.

KOMUNIKASI LINTAS-BUDAYA.
Hambatan Budaya
Pertama,ada hambatanyang disebabkan oleh semantic. Seperti telah kita catat sebelumnya,makna kata bias berlainan untuk orang yang berbeda.
Kedua,ada hambatan yang disebabkan oleh konotasi kata. Kata menyiratkan hal – hal yang berlainan dalam bahasa yang berlainan.
Ketiga,ada hambatan yang disebabkan oleh perbedaan nada. Dalam beberapa budaya,bahasa adalah formal,dalam bahasa lain informal.
Keempat,ada hambatan yang disebabkan oleh beda persepsi. Orang yang berbicara dalam bahasa yang berlainan sebenarnya memandang dunia secara lain.

Konteks Budaya
Budaya konteks tinggi adalah budaya yang sangat mengandalkan isyarat situasional yang halus dan nonverbal dalam komunikasi.
Budaya konteks rendah adalah budaya yang sanagat mengandalkan kata-kata untuk menyampaikan makna dalam komunikasi.

Panduan Budaya
Empat kaidah dalam menilai konteks budaya,yaitu:
1) Asumsikan ada perbedaan sampai terbukti ada kesamaan. Kebanyakan kita mengasumsikan bahwa orang lain lebih sama dengan kita daripada yang sebenarnya.
2) Tekankan penjelasan bukannya penafsiran atau evaluasi. Menafsirkan atau mengevaluasi apa yang dikatakan atau dilakukan seseoang,lawannya menjelaskan ,didasarkan lebih padabudaya dan latar belakang pada situasi yang diamati.
3) Praktikkan empati. Sebelum mengirim pesan,tempatkanlah diri anda ke dalam situasi penerima.
4) Perilakukan penafsiran. Setelah anda menyusun penjelasan atau situasi baru atau setelah anda berpikir bahwa anda berempati denganseseorang yang berbudaya asing,perlakuan penafsiran anda sebagai hipotesis yang memerlukan pengujian lebih jauh bukannya sebagai kepastian.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

panetir bungkes

General Info

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.