THE BALANCE SHEET

balance sheet

balance sheet images

HUBUNGAN ANTARA NERACA DAN LABA RUGI
Dua pendekatan, yang diartikulasikan dan nonarticulated, telah vocated untuk mendefinisikan elemen-elemen akuntansi dan hubungan dengan neraca dan laporan laba rugi. Artikulasi berarti bahwa dua laporan secara matematis didefinisikan sedemikian-rupa sehingga laba bersih adalah sama dengan perubahan ekuitas pemilik ‘untuk jangka waktu, dengan asumsi tidak ada transaksi modal atau penyesuaian periode sebelumnya. Ada tiga sub-klasifikasi ekuitas pemilik ‘: modal memberikan kontribusi, laba ditahan, dan penyesuaian modal. Sistem klasifikasi akuntansi agak sederhana, tapi sederhana ini menyebabkan beberapa kesulitan karena transaksi yang kompleks tidak selalu bisa rapi dikategorikan ke dalam salah satu klasifikasi.
Contoh : saham preferen wajib ditebus, karena saham, memiliki karakteristik tertentu kepemilikan, tetapi karena harus ditebus, juga menyerupai obligasi, SEC melarang.
Aktiva dan kewajiban yang ditetapkan, diakui, dan diukur sebagai produk sampingan dari pendapatan dan biaya. Pendekatan lain disebut aktiva-kewajiban. Ini adalah kebalikan dari pendekatan pendapatan-biaya karena menekankan definisi, pengakuan, dan pengukuran aktiva dan kewajiban. Pendapatan didefinisikan, diakui, dan diukur sebagai produk sampingan dari aktiva dan kewajiban pengukuran.

Pendapatan-Biaya Pendekatan
pendekatan pendapatan-biaya adalah beban neraca dengan oleh-produk dari aturan pengukuran pendapatan. Akibatnya, neraca aset tidak hanya berisi dan kewajiban (ditentukan kemudian dalam bab ini), tetapi juga ambigu ‘debit dan kredit yang disebut biaya tangguhan dan kredit ditangguhkan. Item ini tidak sesuai dengan definisi saat ini aset-dan kewajiban, namun termasuk dalam neraca karena pengakuan tangguhan dalam laporan laba rugi.
contoh : jenis-sekarang ditangguhkan kredit sebagian besar adalah pergi-kredit pajak investasi yang dicatat dengan metode penangguhan per APB.
kredit investasi pajak tangguhan bukan merupakan tanggung jawab hukum, melainkan, mereka hanya timbul dari perbedaan antara bagaimana diperlakukan kredit pajak dalam SPT perusahaan dan laporan keuangan. Pengakuan dan amortisasi aktiva tidak berwujud dalam APB Opinion No 17 memperkenalkan debit meragukan ke dalam neraca (yang timbul dari metode pembelian akuntansi untuk penggabungan usaha) dan sewenang-wenang amortizes itu selama maksimum 40 tahun.

Pendekatan Aset-Kewajiban
Pendekatan aset-kewajiban secara langsung berkaitan dengan pengukuran dan pelaporan aktiva dan kewajiban. Dalam. SFAC No 6, FASB mendefinisikan pendapatan komprehensif sebagai perubahan aktiva bersih perusahaan (aktiva dikurangi kewajiban) dari sumber-sumber non-pemilik. Laporan laba rugi dianggap hanya sebagai cara untuk Klasifikasi dan pelaporan tentang perubahan tertentu yang telah terjadi atas aktiva bersih perusahaan. Karena aktiva dan kewajiban adalah nyata, tampaknya logis pengukuran yang harus fokus pada mereka. ekuitas Pemilik ‘adalah semata-mata merupakan penemuan untuk memungkinkan sistem akuntansi double-entry.. Pendapatan dan komponennya (pendapatan, keuntungan, biaya, dan kerugian) yang demikian dianggap sebagai konsep sekunder yang hanya merupakan cara pelaporan terhadap perubahan aktiva dan kewajiban. Pendekatan aset-kewajiban yang berfokus pada pengukuran aktiva bersih.

Pendekatan Nonarticulated
Kemungkinan untuk laporan keuangan nonarticulated ini belum banyak dibahas dalam literatur akuntansi. Namun, muncul ide untuk memiliki manfaat beberapa. Ada banyak ketegangan antara para pendukung pendekatan pendapatan-biaya tradisional dan pendekatan aktiva-kewajiban karena pendapatan-biaya pendukung terutama prihatin dengan menstabilkan efek fluktuasi transaksi pada laporan laba rugi dan siap untuk memperkenalkan biaya ditangguhkan dan ditangguhkan kredit dalam rangka kelancaran pengukuran pendapatan.
Dua kelompok terpolarisasi sebagian karena neraca dan laporan laba rugi adalah matematis diartikulasikan. Sejak artikulasi ada hanya oleh adat, dua pernyataan bisa-putus dan kedua kelompok mungkin puas dengan pernyataan pendapatan-pendapatan berbasis biaya dan neraca aset-kewajiban berbasis.

AKTIVA
Dalam mendiskusikan aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik ‘, kami menyajikan evolusi definisi pertama karena definisi diperlukan untuk mengklasifikasi transaksi bisnis ke dalam kategori yang sesuai Langkah selanjutnya adalah, menentukan titik dalam waktu ketika unsur-unsur diakui pada neraca. jenis-jenis aktiva tertentu, kewajiban, dan ekuitas pemilik ‘.

Definisi Aktiva
Definisi aset penting karena menetapkan jenis faktor ekonomi akan muncul dalam neraca. Ini mengidentifikasi elemen-elemen harus diakui, diukur, dan dilaporkan dalam neraca. Definisi aktiva harus semata-mata berkaitan dengan kriteria untuk mengklasifikasi transaksi akuntansi sebagai aset. Aktiva terdapat kemungkinan manfaat ekonomi masa depan diperoleh atau dikendalikan oleh entitas tertentu sebagai hasil dari transaksi atau peristiwa masa lalu. Definisi kedua menekankan bahwa aset adalah sumber daya ekonomi. Ini didefinisikan sebagai “sarana langka yang tersedia untuk melaksanakan kegiatan ekonomi. Aktiva yang dianggap lebih dari properti hukum; sesuatu yang mempunyai nilai ekonomi masa depan adalah aset. Sebagai contoh, perjanjian sewa yang memberikan hak properti menggunakan penyewa ( meskipun bukan hak kepemilikan) akan memenuhi definisi yang lebih luas ini ditangguhkan.
aktiva akan ketidakpastian kurang mengenai realisasi manfaat masa depan. Pendekatan Pemutusan-exchangeability tidak menyoroti kelemahan dalam teori nilai ekonomi. Nilai ekonomi sering direduksi menjadi satu dimensi harga pertukaran pasar. Aset mungkin memiliki nilai di gunakan untuk pemiliknya tapi mungkin tidak ada pasar eksternal karena sifat aset tersebut. Definisi aktiva telah berevolusi dari A orientasi hukum sempit untuk konsep sumber daya ekonomi yang lebih luas. Seperti telah memperluas definisi, batas sekitar apa dan apa yang tidak aktiva telah menjadi kabur dan ambigu. Mungkin kelihatannya akuntan belum sangat berhasil menentukan salah satu elemen dasar akuntansi.

Executory Kontrak
Masalah lama berdiri di akuntansi telah menjadi pertanyaan bagaimana ke account (jika sama sekali) untuk kontrak executory saling unperformed. “Adalah A kontrak executory saling unperformed kontrak unperformed oleh kedua belah pihak. Pandangan akuntansi tradisional adalah bahwa tidak ada pengakuan kembali diperlukan dalam laporan keuangan karena pertukaran mengikat -. belum terjadi. kontrak cukup prospektif. Tidak ada dalam definisi aset hanya disajikan yang akan mengecualikan kontrak executory pengakuan. pengecualian adalah dengan adat dan tampaknya untuk beristirahat pada keyakinan bahwa mengikat transaksi belum terjadi. Solomon tidak senang dengan ketidakmampuan FASB untuk memutuskan apakah kontrak executory harus dipesan, hanya diungkapkan dalam catatan kaki, atau hanya dihilangkan dari laporan. Memang, penghilangan kontrak executory dapat menyebabkan beberapa entri yang agak aneh Ketika kerugian yang timbul.

Pengakuan dan Pengukuran Aktiva
Berikut “prinsip meresap” telah dinyatakan tentang pengakuan awal dan ‘pengukuran aktiva dan kewajiban kedua: Aktiva dan kewajiban umumnya akan dicatat berdasarkan kejadian-kejadian di mana perusahaan memperoleh sumber daya dari entitas lain atau menimbulkan kewajiban kepada entitas lain. Aktiva dan kewajiban diukur oleh harga tukar di mana transfer berlangsung. ” Ketika pertimbangan adalah nonmoneter, nilai pasar, aset yang diterima dapat memberikan dasar yang lebih handal untuk mengukur biaya perolehan. Ini mencerminkan keprihatinan utama bagi kehandalan pengukuran.
Investasi dalam efek hutang diklasifikasikan dalam salah satu dari tiga cara:
1. Dimiliki hingga jatuh tempo, di mana kedua perusahaan memiliki maksud positif dan kemampuan untuk memiliki hingga jatuh tempo.
2. Perdagangan, di mana tujuannya adalah untuk menjual efek dalam waktu dekat.
3. Tersedia untuk dijual, di mana tidak satu pun dari dua kategori lain yang berlaku.

Investasi Berdasarkan Akuntansi Ekuitas
Efek ekuitas dengan jumlah 20 sampai 50 persen dari saham biasa beredar biasanya dicatat dengan metode ekuitas di bawah persyaratan APB Opinion No 18,19 Ketika akuntansi ekuitas digunakan, investasi tidak lagi merupakan atribut pengukuran nyata. Cara terbaik adalah digambarkan sebagai biaya perolehan disesuaikan, dengan penyesuaian ditentukan oleh aturan akuntansi ekuitas. investasi meningkat dengan bagian ekuitas pendapatan investee setelah menghilangkan keuntungan yang timbul dari transaksi investor-asosiasi dan dikurangi dengan amortisasi setiap pembelian diferensial dan dividen yang dibayarkan oleh perusahaan asosiasi.

Dibangun Cukup Aktiva dan Persediaan Diproduksi
Masalah pengukuran berkaitan dengan masalah aset diri dibangun identifikasi biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan aset. Masalah identifikasi biaya berlaku untuk semua jenis aset yang dibangun atau dibuat sendiri daripada dibeli. Dua bidang masalah yang spesifik persediaan produksi dan perlakuan biaya bunga. Diberikan satu atau lebih kondisi yang disebutkan sebelumnya, pengakuan terjadi jika arus kas yang diproyeksikan terdiskonto (dahulu dari arus kas langsung terkait) diharapkan hasil dari penggunaan aset itu: s kurang dari tercatat aset yang value.26 Pengukuran kerugian menuliskan Namun, berdasarkan selisih antara nilai tercatat aktiva lebih dari nilai wajarnya. Jika tes berlaku pengakuan penurunan nilai aktiva tetap yang diperoleh dari penggabungan bisnis dan goodwill akuisisi diakui pada saat terjadi, goodwill ditugaskan untuk aset atas dasar pro rata menggunakan nilai wajar semua aktiva dalam pembelian. Jika menulis-perlu, goodwill dieliminasi pertama.
Ada dua masalah yang mendasari pemastian standar ini. Yang pertama menyangkut memperkirakan arus kas masa mendatang yang timbul dari aktiva tersebut, yang kedua melibatkan memperkirakan nilai wajar aktiva tersebut.

Bursa nonmoneter Aktiva Serupa
Dalam pertukaran nonmoneter, pengorbanan untuk memperoleh suatu aset yang baru terdiri dari diperdagangkan-in aset dan mungkin uang tunai. Dalam APB Opini, Nomor 29 aset baru dicatat sebesar nilai buku-diperdagangkan di aset (bukan harga pasar), ditambah pertimbangan kas tambahan. Seperti dengan akuisisi aktiva lain, harga beli setara kas akan menetapkan batas atas nilai tercatat. Alasan untuk kebijakan ini adalah bahwa pertukaran aktiva sejenis merupakan kelanjutan dari proses produktif yang mendasarinya. Satu alasan untuk keberadaannya mungkin bahwa Internal Revenue Service aturan mengikuti prosedur (meskipun tidak identik) serupa).

Aktiva tidak berwujud
Aset dapat diklasifikasikan menjadi aset berwujud dan tidak berwujud. substansi fisik adalah kriteria yang berbeda, namun bukan merupakan karakteristik definitif karena beberapa aset (misalnya sebagai piutang, investasi, dan hak sewa dikapitalisasi) secara hukum-tak berwujud di alam, namun tidak begitu dianggap oleh akuntan. Aset lebih umum dianggap sebagai tak berwujud hak cipta, paten, dan merek dagang. Juga dianggap sebagai aset tidak berwujud hak waralaba dibeli dan dibeli goodwill.
Semua aktiva tak berwujud dinyatakan sebesar pengorbanan yang dikeluarkan untuk memperoleh aktiva. Seperti aset untuk, depresiasi dan deplesi, aktiva tidak berwujud dihitung berdasarkan harga perolehan dikurangi biaya kumulatif pendapatan. Sebagaimana dinyatakan sebelumnya, nilai buku adalah atribut pengukuran akuntansi yang unik dan mewakili orientasi pendapatan-biaya. APB Opini Nomor 17 membawa memesan untuk tidak terlihat oleh yang membutuhkan amortisasi garis lurus biaya selama tidak melebihi 40 tahun.

Beban Ditangguhkan
Ada dua jenis biaya tangguhan. Merupakan satu jenis. biaya dibayar dimuka, yang memberikan manfaat di masa depan dalam bentuk mengurangi arus kas masa depan untuk layanan-asuransi misalnya, dibayar dimuka, Biaya dibayar di muka biasanya dialokasikan ke laporan laba rugi berdasarkan metode garis lurus selama masa manfaat di masa depan. Jenis lain dari biaya yang ditangguhkan merupakan biaya yang ditangguhkan dari pengakuan beban semata-mata karena aturan pengukuran pendapatan. Sebagian besar biaya yang ditangguhkan diamortisasi dengan cara yang sama sebagai aktiva tidak berwujud kecuali persyaratan khusus berlaku.

Ringkasan Pengukuran Aset
Tiga jenis aset yang berbeda muncul dalam neraca: orang-orang yang dimiliki untuk dijual, mereka yang memiliki nilai ekonomi melalui digunakan dalam produksi, dan biaya tangguhan. Keuntungan dari aktiva tersebut berasal berbeda dan mewakili berbeda derajat kepastian dan pengukuran reliabilitas. Aset dimiliki untuk dijual dan diukur sebesar nilai realisasi bersih (seperti piutang) merupakan suatu tingkat kepastian yang tinggi untuk realisasi serta pengukuran reliabilitas. Aset produksi merupakan ketidakpastian lebih sebagai realisasi dari manfaat ekonomi masa depan karena adanya ketidakpastian yang melekat dari manufaktur. Selanjutnya, biaya historis memberikan indikasi dari nilai aktiva produktif tersebut. Akhirnya, beberapa jenis ditangguhkan, biaya tidak memiliki efek langsung terhadap arus kas masa depan. Karena variasi luas dalam realisasi aset dan pengukuran, sangat sulit untuk menafsirkan aset secara agregat. Dalam hal aditivitas, patut dipertanyakan jika neraca benar-benar harus ditambahkan. Hal ini ditambahkan, tentu saja, dan digunakan untuk analisis rasio.

KEWAJIBAN
Definisi kewajiban akuntansi telah berkembang dari waktu ke waktu dengan cara yang mirip dengan definisi dari aset. Tiga laporan utama pada kewajiban:

Sesuatu yang diwakili oleh saldo kredit yang sedang atau akan ia benar dibawa ke masa depan atas penutupan buku rekening sesuai dengan aturan atau prinsip-prinsip akuntansi, asalkan saldo kredit tersebut tidak berlaku saldo negatif berlaku untuk aset.
Definisi pertama menunjukkan pandangan teori entitas perusahaan karena tidak ada perbedaan dibuat antara pemilik modal dan kewajiban. The Tampilan teori entitas perusahaan sebagai perusahaan mandiri yang terpisah dari pemiliknya, dan kedua kewajiban dan ekuitas pemilik ‘merupakan sumber modal eksternal untuk perusahaan yang bertanggung jawab. Definisi kewajiban lain keduanya tidak menyebutkan ekuitas pemilik ‘, yang tampaknya menyiratkan pandangan milik perusahaan di mana ekuitas pemilik’ merupakan pemilik sisa bunga atas aktiva bersih. Bagian kewajiban di definisi pertama menekankan utang hukum. Dalam definisi kedua, konsep kewajiban diperluas berarti kewajiban ekonomi. Definisi ketiga dan paling baru terus penekanan pada kewajiban ekonomi daripada utang hukum dan tetes kredit ditangguhkan. Biaya ditangguhkan sama-sama jatuh dari definisi aset. SFAC No. 6 menguraikan tentang definisi oleh daftar tiga karakteristik penting dari suatu kewajiban akuntansi:
1. Sebuah tugas ada.
2. Kewajiban hampir tidak dapat dihindari.
3. Acara mewajibkan perusahaan telah terjadi.

Pengakuan dan Pengukuran Kewajiban
Prinsip umum adalah bahwa kewajiban diukur pada jumlah yang ditetapkan dalam bursa. Untuk kewajiban lancar, seperti rekening hutang,. Ini merupakan nilai nominal kewajiban yang akan diselesaikan di masa depan. Untuk kewajiban tidak lancar, pengukuran merupakan perhitungan nilai sekarang berdasarkan suku bunga saat ini. Contohnya adalah obligasi, yang dicatat pada penerimaan bersih diterima. Dana bersih merupakan aliran pembayaran bunga dan angsuran pokok didiskontokan pada tingkat bunga pasar saat ini.

Catatan Hutang dengan bawah-Pasar Tingkat Bunga .
wesel bayar dengan tingkat bunga di bawah pasar harus didiskontokan. Tujuan diskon adalah untuk menyesuaikan catatan ke catatan setara yang memiliki suku bunga pasar. diskon tersebut kemudian diamortisasi selama masa catatan untuk menyesuaikan beban bunga periodik untuk, tingkat pasar. Dengan prosedur ini nilai ekonomi riil transaksi diukur dengan harga pasar diperhitungkan dan konsisten dengan prinsip umum, dari diskon kewajiban tidak lancar pada suku bunga pasar, Sebuah prosedur yang identik diperlukan untuk wesel tagih dengan suku bunga di bawah pasar.
Hutang Obligasi Seperti dijelaskan sebelumnya, obligasi, awalnya dicatat pada penerimaan bersih transaksi. Hasil bersih adalah sama dengan nilai sekarang dari pembayaran bunga dan angsuran pokok masa depan, setelah dipotong dengan suku bunga pasar, dikurangi biaya menerbitkan obligasi. Hal ini diperlukan untuk membuat premi obligasi atau account diskon jika tingkat bunga yang ditetapkan berbeda dari harga pasar.
Nilai buku obligasi hutang adalah contoh lain dari akuntansi yang unik. atribut. Nilai buku obligasi harus dihitung bukan diukur secara langsung. Sebuah pengukuran langsung dari obligasi tidak dilakukan setelah obligasi akan dicatat.

Hutang dengan Saham Waran
Kebijakan ini tidak konsisten dengan perlakuan utang konversi. Alasan untuk dua kebijakan yang berbeda adalah bahwa obligasi konversi yang berpendapat akan baik hutang atau ekuitas pada satu waktu, hal itu tidak dapat baik secara simultan. Secara teori, ada sedikit perbedaan antara utang dan konversi utang dengan waran saham dilepas. Dalam kedua kasus, sejumlah uang yang dibayar dalam transaksi-bagi hak untuk mendapatka
n saham, tetapi, Uang dibayarkan, karena hak istimewa ini jelas diidentifikasi dalam, kasus waran pisah diperdagangkan pasar pisau. Ini adalah perhitungan yang lebih subjektif dalam kasus utang Konversi.

Yang dipilih dan ditebus Bursa Efek Hybrid Lainnya
isu-isu yang lebih baru dari saham preferen ditukarkan telah evidended beberapa pelunakan penebusan fitur wajib, seperti memungkinkan konversi menjadi saham biasa. Kimmel dan perhatikan Warfield bahwa konversi mengistimewakan saham biasa hadir di sekitar 15 persen saham preferen ditukarkan masalah sebelum 1980, namun persentasenya meningkat menjadi sekitar 66 2 / 3 persen pada tahun 1988 dan 1989. Pertumbuhan ‘di hak konversi saham biasa, hak suara, dan fitur lainnya mungkin akan sulit untuk menggunakan hutang versus dikotomi ekuitas. Hal ini mungkin dia tak bisa dihindari jika efek benar-benar cocok menjadi tanah tak bertuan “antara hutang dan ekuitas, tetapi harus berharap bahwa ini ‘komplikasi dapat dihindari. Sayangnya, meruntuhkan hutang dan karakteristik ekuitas saham preferen ditukarkan di tujuan
cara yang diukur akan jauh lebih sulit daripada dalam kasus saham preferen konversi.
Hibrida keamanan lain dikenal sebagai kepercayaan pilihan stock.49 Pertama yang dikeluarkan oleh Texaco tahun 1993, perusahaan penerbit membuat anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki, Texaco Modal, yang menjual saham kepercayaan lebih suka investor. Pada gilirannya,: anak perusahaan menjual obligasi subordinasi untuk orangtua. Obligasi ini dieliminasi tetapi bunga yang dibayar untuk Texaco Texaco Modal adalah pajak dikurangkan untuk tujuan pajak. Kepercayaan; sertifikat pilihan muncul antara hutang dan ekuitas., Neraca. Obligasi lembaga pemeringkat memperlakukan sertifikat ini sebagai “ekuitas seperti” karena jatuh tempo panjang, subordinasi dalam, dan beberapa kemampuan-untuk menunda dividends.50 efek Hybrid juga dapat menimbulkan kesulitan bagi pengguna untuk dipahami karena mereka tidak cukup ikan dan tidak cukup unggas.
Securitizations
Semakin umum jenis transaksi melibatkan penjualan oleh perusahaan (disebut pengalih) dari suatu aktiva atau kelompok aktiva ke perusahaan lain. (Disebut pihak penerima). Aset. terlibat biasanya aset keuangan seperti piutang hipotek. pengalihan keuangan akuisisi tersebut menerbitkan Surat Berharga yang didukung oleh mengakuisisi aset-kepada sekelompok investor luar.
Ringkasan Pengukuran Kewajiban.
Seperti aset, kewajiban diakui pada saat transaksi menimbulkan kewajiban terjadi. Ada berbagai jenis akuntansi kewajiban, hanya karena ada berbagai jenis aset. Tidak seperti aset, namun berbagai jenis kewajiban akuntansi lebih mudah diakui di neraca. Berbagai jenis akuntansi merupakan kewajiban yang berbeda derajat kewajiban bagi perusahaan.
Pemilik EKUITAS
Definisi Ekuitas Pemilik ‘
ekuitas Pemilik ‘didefinisikan sebagai bunga sisa para pemegang saham atas aktiva bersih perusahaan. Definisi ini merupakan teori kepemilikan pemegang saham sesuai dengan yang dianggap menjadi pemilik perusahaan.
Pengakuan dan Pengukuran Ekuitas Pemilik ‘
transaksi perubahan ekuitas Pemilik ‘bisa dua jenis transaksi-transaksi modal atau pendapatan yang terkait. Modal merupakan transaksi langsung. kontribusi atau penarikan aset oleh pemilik. Pendapatan transaksi-transaksi pendapatan istimewa merupakan pernyataan dan penyesuaian periode sebelumnya yang berkaitan dengan pendapatan dari periode sebelumnya.
Saham Pilihan
rencana opsi saham karyawan (ESOPs) dianggap sebagai bentuk kompensasi ditangguhkan kepada karyawan jika ada membeli dengan harga murah. harga ditetapkan dalam rencana. Jika membeli dengan harga murah memang ada, pengakuan dan pengukuran akuntansi yang berfokus pada nilai opsi membeli dengan harga murah. Nilai tersebut merupakan tambahan kompensasi dan jumlah yang bersangkutan akan dikreditkan ke lain memberikan kontribusi modal.
Saham Treasury
perusahaan-perusahaan AS diijinkan untuk perdagangan efek mereka sendiri. Namun, negara hukum dan kebijakan akuntansi yang melarang perusahaan dari pengakuan penghasilan atas transaksi tersebut. Larangan ini dimaksudkan untuk mencegah manipulasi harga saham. dibeli kembali saham diklasifikasikan sebagai akun-kontra untuk saham yang beredar. saham ini masih secara hukum yang dikeluarkan namun tidak dianggap luar biasa

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

panetir bungkes

General Info

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.