BISNIS PLAN “MUTIARA CATERING” (Tugas Kewirausahawan)

I. Ringkasan Eksekutif
Mutiara Catering adalah konsep catering yang di rancang membuat para pelanggan yang ingin membuat acara secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan dari pasa membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memabg sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis catering makanan.
Mutiara Catering menawarkan kepada pelanggannya makanan-makanan dari segala penjuru dunia, mulai dari masakan daerah Sunda, Betawi, ataupun makanan dari luar seperti makanan Italia, dan lain-lain. Karena Mutiara Catering memeiliki Chef yang handal dalam bidang makanan apapun.
Mutiara Catering akan di mulai bertempat di Daerah Kota Banda Aceh, Meskipun banyak sekali pesaing di dalam bisnis usaha catering ini Mutiara Catering yakin akan dapat menembus pangsa pasar sekarag ini di dalam usaha catering. Peluang membuka usaha catering di daerah Ibu Kota ini masih sangat terbuka karena bagi masyarakat yang ingin pesta bisa memesan makanan apapun yang mereka inginkan, Lebih dari itu, Mutiara Catering mempunyai tempat yang startegis untuk masyarakat memesan makanan dan mencari mutiara catering tidak susah. Letak tempat di jalan Baru Terminal Sebelah kiri lewat toko Daphu kupi di Simpang Surabaya No 123. Depan kantor BRI Unit.
Elemen-elemen utama yang ditawarkan membedakan antara Mutiara Catering dan usaha catering lainnya adalah :
Produk makanan yang berkualitas tinggi
Chef yang handal,
Layanan konsumen yang prima,
Metode pemasaran yang unik,
Lokasi yang strategis,
Tahap awal dari rencana bisnis ini adalah mempunyai tempat yang starategis, tetapi target jangka panjang adalah mempunyai cabang-cabang di Kabupaten Kota dan Kota besar.
II. BISNIS
1. Konsep Bisnis
Mutiara Catering adalah konsep catering yang di rancang membuat para pelanggan yang ingin membuat acara secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripasa membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memabg sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis catering makanan
Mutiara Catering akan di mulai bertempat di Daerah Kota Banda Aceh, Meskipun banyak sekali pesaing di dalam bisnis usaha catering ini Mutiara Catering yakin akan dapat menembus pangsa pasar sekarang ini di dalam usaha catering. Rencana jangka pendek Mutiara Catering mempunyai tempat yang starategis, tetapi target jangka panjang adalah mempunyai cabang-cabang di Kabupaten Kota dan Kota besar. Manajemen Catering ingin menekankan bahwa peluang membuka usaha cetering di daerah Kota pun pasti bisa maju. Semua orang pasti menginginkan pemesanan makanan yang enak dan berbagai macam makanan yang mereka ingninkan.
Berikut ini adalah 5 elemen utama yang ditawarkan oleh Mutiara Catering yang membedakannya dengan sesama catering lainnya :
Produk makanan yang berkualitas tinggi
Mutiara Catering didirikan untuk menyediakan makanan yang berkualitas tinggi. Penawaran ini akan menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen akan makanan catering yang berkualitas tinggi. Menu diracik dengan sentuhan chef profesional untuk memberikan cita rasa enak dan modern yang berbeda dengan yang ditawarkan pesaing.
Chef yang handal dan profesional
Mutiara Catering mempunyai ahli masak yang handal dan profesional. Seluruh Chef yang ada di Mutiara Catering adalah Chef lulusan luar negeri yang sangat mengetahui cita rasa orang Indonesia dan masakan luar.
Layanan Konsumen yang prima
Tujuan Mutiara Catering Management adalah mengembangkan layanan positif dan proaktif yang akan dialami oleh konsumen setiap kali mereka datang ke Mutiara Catering. Karena konsep ini adalah konsep yang masih baru di kota Banda Aceh ini, dan perusahaan mengandalkan kunjungan kembali konsumen untuk memesan makanan kembali. Maka interaksi dengan konsumen merupakan hal yang kritis dan merupakan kunci sukses bisnis ini.
Metode pemasaran yang unik,
Mutiara Catering akan menerapkan startegi pemasaran yang unik, Mutiara Catering akan menggunakan logo
Secara eksentif pada persentasi produknya yang inovatif, dan selebaran. Sebagai tambahan, karyawan juga menawarkan berbagai konsep pemasaran yang kreatif, seperti, menambahkan bonus pemesanan jika memesan diatas 500 porsi makanan.
Lokasi yang strategis,
Mutiara Catering berlokasi di daerah Kota Banda Aceh yang sangat strategis pinggir jalan yang dan mudah di akses jika dari jalanan di kota Bogor. Pelanggan dapat langsung menemukan daerah Mutiara Catering.

1. Produk yang di tawarkan
Meskipun, menu utama yang di tawarkan adalah masakan, tetapi MC juga menawarkan berbagai makanan penutup yang sangat lengkap.
Menu Masakan Aceh dan Gayo
1. Mutiara Catering menawarkan masakan Aceh Gayo dari berbagai macam makanan seperti Tumis Asam Keueng, Kemamah, gulai itik, kari kambing yang lezat, Gulai Pliek U, Ikan Bakar, Mie Aceh, dendeng Aceh, Masam Jaeng,Gutel, Lepat, Pulut Bekuah, Cecah, Pengat dan berbagai macam makanan lainnya.
2. Selain itu juga pelanggan bisa memesan makanan sesuai selera makanan yang pelanggan ingin pesan jika di list makanan tidak tertulis di list.
Menu masakan Padang
1. Mutiara Catering menawarkan masakan padang yang sangat bermacam makanan, seperti rendang, gulai gajebo, soto Padang, dendeng balado, dan gulai kepala ikan kakap disertai Samba Lado dan masih banyak lagi.
2. Selain itu juga pelanggan bisa memesan makanan sesuai selera makanan yang pelanggan ingin pesan jika di list makanan tidak tertulis di list.

Menu Masakan Sunda
1. Mutiara Catering menawarkan masakan sunda dari berbagai macam makanan seperti Tumis Oncom pedas, Sayur Asem, Sayur Sop, Ayam goreng pedas, Ayam bakar Madu, Udang Bakar madu, dan berbagai macam makanan lainnya.
2. Selain itu juga pelanggan bisa memesan makanan sesuai selera makanan yang pelanggan ingin pesan jika di list makanan tidak tertulis di list.
Menu masakan Italia
1. Mutiara Catering menawarkan makanan Italia yang sangat enak dan nempel di lidah orang Indonesia. Seperti, Spagethi, Pizza, Fettucini, dan berbagai makanan lainnya.
2. Selain itu juga pelanggan bisa memesan makanan sesuai selera makanan yang pelanggan ingin pesan jika di list makanan tidak tertulis di list.
Harga
Harga yang di tawarkan oleh Mutiara Catering sangan terjangkau dan tidak terlalu jauh berbeda di bandibgkan dengan pesaingnya . Minimal pemesanan 50 porsi.
Berikut adalah daftar harganya :
• Menu Masakan Aceh dan Gayo per 50 porsi lengkap Rp. 1.500.000,-
( 1 Porsi Rp. 30.000,-)
• Menu Masakan Padang per 50 porsi lengkap Rp. 1.650.000,-
( 1 Porsi Rp. 25.000,-)
• Menu Masakan Sunda per 50 porsi lengkap Rp. 1.350.000,-
( 1 Porsi Rp. 25.000,-)
• Menu Masakan Italia per 50 porsi lengkap Rp. 2.000.000,-
(1 porsi Rp. 40.000,-)
Harga yang di tawarkan relatif bersaing dibandingkan dengan pesaing. Mutiara Catering juga akan melatih para karyawannya untuk mengimplemantasikan strategi “ up-selling” dimana konsumen didorong secara aktif untuk mencoba rasa kombinasi baru.
1. Konsep Pemasaran
Terdiri dari 4 elemen (Price+ Place + Promotion), UNTUK PRODUK, MC mensurvei para pesaing-pesaingnya. Misalnya saja, menentukan apa 10 menu populer untuk catering di tempat MC. Nah, khusus ke 10 menu itu MC sangat mutlak menguasainya. Strategi pemasaran MC adalah menciptakan tingkat kesadaran merek, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan eduksi produk yang di tawarkan MC.
Implementasi strategi ini meliputi hal-hal berikut :
• Memberikan sampel gratis setiap pelanggan yang ingin memesan makanan.
• Penawaran yang setiap memesan di atas 500 porsi dapat bonus
• Materi-materi edukasi (seperti poster dan selebaran) yang berkaitan dengan kualitas makanan dan manfaatnya.
• Layanan proaktif karyawan : melatih dan mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan persiapan serta tata cara melayani konsumen dengan antusias.
• Memberikan jasa antar gratis pada wilayah kota Bogor
• Penempelan Logo, dan sebagainya.
1. Layanan Pelanggan
• Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan dan konsumen, MC akan menyelenggarakan pemasran internal melalui proses rekruitment, pelatihan, dan motivasi para karyawannya.
• Selain itu, karyawan juga akan di berikan pelatihan mengenai product knowladge yang di hasilkan oleh MC.
• Karyawan akan menggunakan seragam yang modis dan modern.
2. Desain Catering
• Mutiara Catering akan di rancang dengan konsep pearl purple, sama dengan nama dan warna logo
3. Lokasi dan pilihan wilayah
• Pilihan Lokasi dan wilayah yang mudah di cari oleh para pelanggan, dan terlihat dari jarak yang cukup jauh.
4. Pasokan Barang Dagangan
• Bahan baku untuk makanan
5. Operasi Catering dan Manajemen
• MC akan di operasikan oleh satu Manajer yang akan bekerja penuh waktu dan 5 sampai 10 pegawai pendukung yang bekerja paruh waktu.
• Jam operasi adalah 08.00-17.00, setiap hari.

III PASAR
Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga. Pesaing kita dari perusahaan katering lainnya.
Positioning
• Agar dapat menarik perhatian calon pelanggannya, MC merancang sebuah strategi positioning yang atraktif
• Beberapa statemen positioning yang bisa di gunakan, misalnya :
“Mutiara Catering : Enak dan Berkualitas.”
IV PELANGGAN
• Pasar sasaran MC adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga.
• Mutiara Catering berharap tingkat pemesanan ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga di harapkan sekitar 85 % pesanan meningkat.
V PERSAINGAN
• Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk ,layanan, pengenalan akan nama merk dan lokasi.
VI MANAJEMEN
Struktur management akan berkaitan dengan aspek-aspek :
• Profesionalisme
• Keahlian dalam hal keuangan, manajemen, dan aspek hukum
• Atribut-atribut pribadi, seperti daya inisiatif , ambisi, dan intergritas.

VII PROYEKSI KEUANGAN
Modal
Ringkasan modal Rp. 1.000.000.000,- adalah sebagai berikut :
• Biaya Pembelian Tempat pinggir jalan Rp. 700.000.000,-
• Biaya Rancang Interior Rp. 90.000.000,-
• Bahan dan Peralatan Rp. 150.000.000,-
• Lain-Lain Rp. 60.000.000,- +
Total Rp. 1.000.000.000,-

Penjualan
• Asumsi penjualan/pemesanan tahap awal adalah rata-rata 1000 porsi / 3 bulan pertama.
Gaji
• MC akan membayar gaji manager penuh waktu Rp. 40.000.000 per tahun. Karyawan penuh waktu akan di gaji sebesar Rp. 800.000 per bulan.

Kinerja Keuangan
Kinerja keuangan di proyeksikan sebagai berikut :
• Grooss Margin 80 %
• Operating Sales 20 %
• Opearting Interest 185 %
• Operating Investment 30 %

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

panetir bungkes

General Info

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.