Contoh Bisnis Plan

BISNIS CAFFE BUNG GAYO

LATAR BELAKANG

Keadaan perekonomian yang tidak pasti di negara berkembang seperti Indonesia ini membuat mata pencaharian masyarakat tidak stabil sehingga memaksa masyarakat untuk lebih kreatif lagi  dalam membuka lapangan usaha atau membuka usaha sendiri untuk melangsungkan hidupnya sehingga penagangguran tidak terlalu meningkat. Berbeda dengan di negara-negara maju dimana masyarakat seperti kurang waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Kesibukan aktivitas yang begitu padat kadang membuat orang menjadi stress untuk berfikir lebih jernih dan tenang. Sehingga diperlukan tempat-tempat yang begitu tenang dan nyaman untuk menghapus semua kejenuhan dan tekanan hidup mereka. Apalagi Banda Aceh salah satu Bisnis yang stratesis untuk Bisnis Caffe. Dimana Pendapatan Asli Daerah Banda Aceh Lebih besar Di Warung Kopi atau Cafe Sehingga muncullah sebuah ide saya untuk mendirikan sebuah CAFFE  seperti apa yang diinginkan pelanggan. Konsep yang akan saya terapkan adalah konsep perpaduan antara klasik dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Perpaduan antara klasik dan modern diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan menarik perhatian pelanggan untuk menikmati suasana caffe tersebut.

Selain itu caffe ini tidak hanya untuk kalangan remaja saja, tetapi untuk semua tingkatan masyarakat umum. Selain tempat yang nyaman bagi pengunjung menu-menu yang variatif juga menjadi andalan sebuah caffe dengan sajian menu yang variatif dan unik. Dengan berbagai jenis minuman yang unik diantaranya seperti Es Tissiu, Es Spiritus, Es Kasus, Es Kolor Ijo dan Es Black Magic yang menjadi menu spesial cafe ini. Namun minuman yang menjadi andalannya sebuah caffe biasanya adalah aneka macam minuman coffe seperti Coffee Latte, Cappucino, Mochaccino dan lain sebagainya. Istimewanya minuman berbahan kopi ini terletak pada kopinya. Karena kopi yang dipilih adalah kopi Arabica dan Robusta yang masih berbentuk butiran dan akan ditumbuk dengan menggunakan mesin khusus sebelum kopi disajikan sebagai minuman. Tidak hanya itu di caffe ini tidak hanya menyediakan minuman tetapi juga menyediakan berbagai jenis makanan ringan dan juga ice cream. Jenis makanannya antara lain steak, beef sosis, pizza dan sebagainya. Selain itu juga caffe ini menerima  pesan antar Paket Meeting, Gathering, Seminar dan paket yang lain sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.

Dengan berbagai kelebihan cafe ini, tentu Anda tak perlu ragu lagi untuk dapat menikmati suasana yang menyenangkan dan hidangan yang lezat. Sudah dipastikan menu-menu yang akan Anda nikmati mempunyai rasa standar kelezatan yang sama bila diolah oleh karyawan cafe yang berbeda, karena cafe ini mempunyai standart recipes dalam setiap makanan yang dibuat. Untuk dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang variatif ini, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena menu-menu ini sangat relatif terjangkau. Kemudian tata ruang caffe ini dibangun gaya kuno dengan perpaduan beberapa sudut modern. Di caffe ini terdapat dua ruang yaitu ruang smoking dan no smoking jadi pengunjung dapat memilihnya. Desainnya yang minimalis, tampak dari sofa dan beberapa bangku biasa serta mini bar yang mengesankan suasana khas tradisonal modern. Dengan demikian jika seseorang lebih berfikir kreatif dan inovatif dapat menciptakan peluang usaha yang baru.

TUJUAN

Secara garis besar tujuan usaha caffe yaitu :

Ø  akan melayani segmen pasar masyarakat melalui makanan dan minuman yang disajikan dengan kualitas baik, higienis, dan sehat yang memiliki gizi standar dan makanan kesehatan yang dibutuhkan oleh setiap orang pada umumnya serta kebersihan sesuai dengan perusahaan berorientasi konsumen.

Ø     Pembukaan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitarnya, terutama di kalangan ibu rumah tangga, dan di antara mahasiswa atau siswa yang membutuhkan pekerjaan sempingan untuk melanjutkan studi.

Ø  Sebagai sarana pengelolaan modal sumber daya yang bertujuan untuk membuat keuntungan.

Ø    Berlahan-lahan untuk membangun citra konsumen tentang pentingnya diet yang sehat.

NAMA BISNIS

“ CAFFE BUNG GAYO”

Dimana arti dari nama ini, dibuat berdasarkan Caffe tempat wisata kuliner yang lagi megahnya dikota Banda Aceh, Bung yang di Ambil dari pangalan seseorang serta singkatan dari anam pemilik Bungkes di ambil Bung, Gayo dalam makna menggunakan kopi gayo dan Pemilik berasal dari Suku Gayo. Maka pemilik member nama “CAFFE BUNG GAYO”

STRUKTUR ORGANISAI (Bisnis Caffe Bung Gayo)

Pemilik                       : Panetir Bungkes SE

Bagian Keuangan      : Wahdini Mahreta SE

Kasir ( Wkl Keu )        : Nurul Maulida Sari

                                    : Wahyuda Ferisa

Bagian Pemasaran    : Yurianja Maulana

Karyawan                   : Bihcerdi Mahtra

                                    : Lisa Laiza

PEMILIHAN LOKASI USAHA, PERIZINAN, DAN PRODUK

A. Pemilihan lokasi usaha

Pemilihan lokasi usaha caffe dipilih tempat yang begitu strategis dimana dekat dengan jalan raya, di lampineung depan hotel harmes palesce di samping sultan coffee, sehingga dengan begitu dapat memudahkan pengunjung untuk datang.

B. Perizinan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ). Selanjutnya, lengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP ) untuk diajukan ke dinas perizinan, baik di kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

C. Produk

Semua produk makanan dan minuman yang tersedia di caffe ini memprioritaskan kesehatan. Dimana semuanya terbuat dari buah-buahan, sayuran dan coklat yang masih segar. Antioksidan dan nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan tidak perlu lagi disanksikan. Dan coklat juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi stress dll.

Dibawah ini berbagai produk yang disediakan diantaranya :

Minuman

  • Kopi (coffe) yang diolah menjadi berbagai jenis minuman seperti :

black cofe yaitu kopi berwarna hitam biasanya kopi ini sedikit lebih pahit yang sering dipesan oleh orang yang lebih tua.

cappocino ekspreso yaitu kopi yang dicampur susu, krim dan ditaburi oleh kismis yang warnanya sedikit coklat, cara penyajiannya bisa dalam keadaan dingin ataupun hangat.

coffe latte yaitu kopi yang cara penyajiannya lebih banyak susu daripada kopinya.

coffe mocha yaitu cara penyajian kopi dengan susu dan coklat.

tropical drink yaitu minuman yang berbahan dasar buah yang dicampur dengan soda water.

Avocado float yaitu minuman dengan bahan dasar alpukat, cream dam coklat.

Milk shake ginjer yaitu pepaduan antara susu, coklat, dan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis.

ES  seperti Es Tissiu, Es Spiritus, Es Kasus, Es Kolor Ijo dan Es Black Magic dll.

Jus buah yaitu berbagai macam jenis jus buah segar yang disajikan dalam bentuk yang unik.

Jus sayuran yaitu berbagai jenis jus sayuran yang banyak mengandung vitamin dan baik untuk kesehatan.

Ice cream dengan berbagai jenis ice cream dengan rasa yang unik.

Makanan

Coklat buah steamboat yaitu perpaduan antara coklat dan berbagai macam buah.

Fruit salad yaitu perpaduan antara buah-buahan dan sayuran.

Sandwich yaitu roti tawar dengan isi sayuran, daging, susu, keju.

Beff sosis yaitu roti yang dalamnya terdapat sayuran, cincangan daging, sosis, mayones, saus cabe dan saus tomat.

Pizza

Steak kentang dan steak daging dll.

Kentang Goreng.

Omelet Aneka rasa, keju, daging, abon, sosis dll.

Burger Aneka rasa, Keju, telur, daging, abon dll.

Roti Bakar Aneka Rasa, Keju, Stoberi, srikaya, coklat, nanas, dll.

Kemudian caffe ini juga menyediakan fasilitas seperti :

Jaringan internet (hot spot)

Ruangan Shalat

Ruangan bebas rokok dan ruang merokok (smoking dan no smoking).

TV (Untuk Nonton)

Music

Toilet

Parkiran yang memadai

STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran dari caffe ini yaitu menggabungkan dua generasi yang berbeda dengan konsep classic dan modern Jadi konsumen yang dituju tidak hanya orang remaja saja tetapi juga untuk semua kalangan masyarakat umum sehingga tidak spesifik untuk orang-orang tertentu, baik tua maupun muda, pekerja, dan mahasiswa, penduduk setempat maupun turis asing.

PROMOSI

Cara mengetahui informasi produk ini melalui pamlet-pamlet, spanduk-spanduk yang ditempel didepan caffe dan tempat-tempat yang umum dan rame. Iklan di media elektronik seperti tv, radio, dimedia masa seperti Koran, majalah. Mempromosikan kepada teman-teman untuk datang dan mempromosikan kepada keluarga dan teman-temannya yang lainnya. Dan juga Penyebaran melalui brosur, kampus, Perumahan, dan tentu saja tidak lupa melalui internet media sekarang lebih kepentingan umum .Selain penghematan biaya juga memiliki kesempatan luas untuk mempromosikan produk. Dengan kualiats produk yang terjamin,lokasi yang strategis, kualitas pelayanan, harga produk yang bersaing.

PERHITUNGAN HARGA, PERKIRAAN HARGA DAN CARA PEMBAYARAN

A.     Perhitungan harga jual untuk produk

Minuman :     black cofe                               Rp. 15.000,00

                        coffe mocha                           Rp. 18.000,00

                        coffe lattEe                             Rp. 17.000,00

                        coffe mocha                           Rp. 19.000,00

                        tropical drink                         Rp. 22.000,00

                        Jus buah                                 Rp. 12.000,00

                        Jus sayuran                            Rp. 10.000,00

                        Ice cream                                Rp. 15.000,00

                        Milk shake ginjer                  Rp. 17.000,00

                        Avocado float                        Rp. 20.000,00

Makanan :      Coklat buah steamboat         Rp. 25.000,00

                        Fruit salad                              Rp. 19.000,00

Sandwich                               Rp. 21.000,00

                        Beff sosis                                Rp. 15.000,00

Pizza                                       Rp. 30.000,00

                        Steak kentang                        Rp. 18.000,00

Steak daging                         Rp. 30.000,00

Omelet                                    Rp. 7.000 s/d 15.000

Burger                                    Rp. 7.000 s/d 18.000

Roti Bakar                             Rp. 7.000 s/d 15.000

 

B.     Pekiraan harga bahan baku(biaya tidak tetap)

ü  Buah                                                                          Rp.        300.000,00

ü  Sayuran                                                                      Rp.        100.000,00

ü  Susu                                                                            Rp.        130.000,00

ü  Kopi                                                                           Rp.        400.000,00

ü  Cream                                                                        Rp.          75.000,00

ü  Coklat                                                                         Rp.        250.000,00

ü  Gula                                                                            Rp.        100.000,00

ü  Sirup                                                                           Rp.        210.000,00

ü  Daging                                                                        Rp.        350.000,00

ü  Kentang                                                                    Rp.          60.000,00

ü  Roti                                                                             Rp.        200.000,00

ü  Keju                                                                            Rp.        175.000,00

ü  Sele Roti                                                                     Rp.        200.000,00

ü  Mentega                                                                     Rp.          50.000,00

ü  Bumbu (bawang putih, bawang merah,  

ü  cabe, kemiri, jahe, mrica, lada, garam, gula

merah, sereh, vetsin, air santan, air kaldu)             Rp.        300.000,00

                                    Total                                       Rp.     3.000.000,00

C.   Perkiraan Perincian Biaya Modal Aset, Inventaris serta Alat dan Mesin

  • Tanah dan Bangunan Toko 2 Pintu Ukuran 10×30 M     Rp. 2.000.000.000,00
  • Sopa 2 set                                                                                                               Rp.   25.000.000,00
  • Meja 20                                                                                                                    Rp.   20.000.000,00
  • Kursi 80                                                                                                                  Rp. 100.000.000,00
  • Kursi putar 6                                                                                                        Rp.   12.000.000,00
  • Mesin Coffe 2 set                                                                                                Rp.   38.000.000,00
  • Barang Pecah Belah seperti Piring, gelas                                      Rp.   30.000.000,00
  • Pemasak Burger dan Rotibakar                                                             Rp.     5.000.000,00
  • Lemari & Meja Kasir 1 Set                                                                           Rp.   10.000.000,00
  • Peralatan Dapur                                                                                              Rp.   20.000.000,00
  • Reparasi Toko                                                                                                    Rp.   48.000.000,00
  • Ac 3 Buah                                                                                                               Rp.   10.000.000,00
  • TV 2 Buah Untuk Nonton (lengkap Parabola)                          Rp.   30.000.000,00 

Total                                                                                                                                 Rp. 2.248.000.000,00

 

D.     Biaya tetap

ü  Gaji pegawai                                                                          Rp.    6.000.000,00

ü  Perawatan peralatan                                                                        Rp.       850.000,00

ü  Penyusutan alat listrik dan telephone                                 Rp.    1.000.000,00

ü  Air                                                                                                      Rp.       150.000,00

ü  Waifi (jaringan Internet)                                                      Rp.       500.000,00

ü  Tranformasi                                                                                      Rp.       500.000,00

                                                Total                                                   Rp.    9.000.000,00                                 

v    Jadi, total biaya keseluruhan

Biaya tidak tetap di tambah Biaya Asset di tambah biaya tetap : Rp. 3.000.000,00 + Rp. 2.248.000.000,00 + Rp. 9.000.000,00 = Rp. 2600.000.000,00


D.    Sistem pembayaran

Pengunjung dapat membayar dengan tunai ataupun dengan kartu kredit. Jika terjadi pembelian secara besar-besaran misalkan untu sebuah acara seperti pesta caffe ini memberikan discount kepada pembeli tersebut karena caffe ini juga menerima pesan antar dengan begitu perputaran uang akan lebih cepat dan mudah mendapatkan keuntungan.

 

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

panetir bungkes

General Info

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.